Rabu, 15 Maret 2023

Pekan Kreativitas dan Prestasi Siswa

Kegiatan yang dilaksanakan di satuan pendidikan merupakan realisasi dari program yang telah dirancang di awal tahun pembelajaran. Penyusunan program sekolah mengacu pada visi dan misi sekolah yang berpihak pada peserta didik supaya kompetensi yang dimilikinya tumbuhkembang secara maksimal.

Salah satu program yang dirancang di SMP Negeri 8 Kota Sukabumi adalah pekan kreativitas dan prestasi siswa dengan nama kegiatan Gelar Seni dan Prestasi Espansi atau disingkat GSPE. Kegiatan GSPE dilaksanakan selama 3 hari dan melibatkan semua murid, dewan kelas, komite sekolah dan sekolah-sekolah lain yang berpartisipasi dalam perlombaan maupun dalam Career Day.

Sekolah Dasar yang berada di lingkungan satu kecamatan maupun di luar kecamatan turut memeriahkan GSPE dalam perlombaan tari jaipong dan marathon. Kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu bentuk publikasi sekolah terhadap luar dalam mengenalkan lingkungan sekolah, dan upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat supaya dapat menitipkan anak-anaknya untuk sekolah di SMP Negeri 8.

Tidak hanya Sekolah Dasar yang terlibat, SMA/SMK Swasta pun turut memeriahkan kegiatan GSPE khusunya saat kegiatan Career Day. Terdapat kerjasama mutualisme, sekolah penyelenggara memfasilitasi murid-murid khususnya kelas 9 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya untuk mendapatkan banyak informasi, SMA/SMK swasta pun memiliki kesempatan untuk mempublikasikan keunggulan dari masing-masing yang dimiliki, hal ini mambuat antusias baik para murid maupun para panelis dari setiap sekolahi

GSPE menjadi media yang memfasilitasi semua murid untuk menampilkan karya, baik karya seni, dan karya-karya lainnya yang memunculkan kreativitas murid seperti kreativitas pembuatan mading dalam lomba mading, kreativitas pembuatan baju dari limbah dalam perlombaan fashion show, kreativitas peran dalam pembuatan film pendek berbahasa Sunda, kreativitas pengolahan makanan dan berniaga dalam perlombaan bazar dengan produk karya sendiri membuat para murid tumbuh rasa percaya dirinya. Selain perlombaan yang telah disebutkan terdapat pula perlombaan solo vocal, pembacaan puisi, dance, dan pembuatan poster digital.

GSPE yang diselenggarakan sekolah memiliki banyak makna, yaitu menciptakan lingkungan yang mendukung para murid untuk bekerja sama, berkolaborasi, memecahkan masalah, memiliki daya juang, kemampuan berkomunikasi yang baik, menyampaikan ide pemikiran, memilih alternatif terbaik, dan rasa memiliki terhadap karya bersama.

Kerja sama dan kolaborasi yang diciptakan murid dalam kegiatan GSPE seperti pembuatan stand bazaar, pembuatan baju berbahan limbah, berlatih dance, pembuatan film pendek yang dalam prosesnya para murid menyampaikan pendapatnya, menyampaikan ide-ide pikiranya, dari semua ide yang disampaikan muncul potensi kepemimpinannya dalam memutuskan, memilih ide kreativitas yang akan dimunculkan sebagai hasil ramuan dari ide yang muncul. Tumbuhanya rasa saling percaya terhadap rekan dalam menampilkan karya terbaik yang akan membawa nama baik kelas masing-masing. Para murid dilatih memiliki daya juang yang tinggi, kesabaran yang tak terbatas, saat pembuatan film harus beberapa kali adegan, saat pembuatan baju yang tidak satu kali langsung berhasil, ada perubahan perubahan yang terjadi untuk mendapatkan hasil terbaiak. Saat berjualan para murid melatih kesabaran dan komunikasi yang baik, bagaimana meyakinkan konsumen supaya membeli dagangannya. Dalam penapilan yang sifatnya perorang pun para murid memiliki tanggung jawab bahwa dirinya sebagai wakil dari kelasnya dan berusaha semaksimal mungkin memuncukkan karya terbaiknya dan di dukung oleh seluruh rekan-rekannya. Hal ini memunculkan rasa kepemilikan bersama yang sangat penting dimiliki oleh para murid dalam mengembangkan potensi diri.

GSPE bukan sekedar program rutinitas yang setiap tahun dilaksanakan, namun didalamnya memilki banyak manfaat dan makna bagi murid. Pengalaman-pengalaman yang didapatkan menjadi pembelajaran berharga ya g akan terus diingat dalam pikirannya. semoga

Dokumentasi kegiatan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PATURAY TINEUNG SISWA KELAS 9 TAHUN 2023

       Perjalanan proses pembelajaran tingkat sekolah menengah selama tiga tahun bukan waktu sebentar, tiga tahun para siswa mendapatkan ber...